Sabtu, 19 Mei 2012

Extensible Messaging and Presence Protocol (XMPP)


Extensible Messaging and Presence Protocol (XMPP) adalah sebuah standard komunikasi real-time berbasis text,  suara maupun video dengan teknologi open XML. Di awal sekali  orang lebih mengenal Jabber,  ya karena XMPP merupakan produk Jabber pada tahun 1999, kemudian diformulasikan oleh  XMPP Standard Foundation  menjadi standard pada tahun 2004 (XMPP 1.0).  XMPP ini bisa digunakan dalam hal-hal berikut:  instant messaging, presence, multi-party chat, voice and video calls, collaboration, lightweight middleware, content syndication, dan generalized routing of XML data.

Kelebihan:
Desentralisasi
Arsitektur dari jaringan XMPP ini mirip dengan email; siapa saja bisa menjalankan server mereka sendiri XMPP dan tidak ada server master pusat.
Open standards
The Internet Engineering Task Force telah diformalkan XMPP sebagai pesan instan disetujui dan teknologi kehadiran dengan nama XMPP, dan spesifikasi XMPP telah diterbitkan sebagai RFC 3920 dan RFC 3921 . Tidak ada royalti yang diperlukan untuk mengimplementasikan dukungan dari spesifikasi dan perkembangan mereka tidak terikat pada satu vendor.
History
Beberapa implementasi standar XMPP ada untuk klien, server, komponen, dan kode perpustakaan, dengan dukungan dari perusahaan besar seperti Sun Microsystems dan Google .
Security
XMPP server dapat diisolasi dari jaringan XMPP publik (misalnya, pada intranet perusahaan), dan keamanan yang kuat (via SASL dan TLS ) telah dibangun ke dalam spesifikasi XMPP inti.  Untuk mendorong penggunaan enkripsi saluran, yang XMPP Standards Foundation saat ini menjalankan intermediate otoritas sertifikasi di StartSSL (sebelumnya di xmpp.net ) menawarkan gratis sertifikat digital untuk administrator server XMPP bawah naungan StartCom Sertifikasi Authority (yang merupakan akar CA untuk intermediate CA).
Flexibility
Fungsionalitas kustom dapat dibangun di atas XMPP, untuk menjaga interoperabilitas, ekstensi umum dikelola oleh XMPP Software Foundation. Apikasi XMPP diluar IM termasuk manajemen jaringan, sindikasi content, tool kolaborasi, file sharing, game, dan remote sistem pemantauan.

Kekurangan:
Di-band transfer data biner tidak efisien
Karena XMPP dikodekan sebagai XML dokumen panjang tunggal, data biner harus menjadi yang pertama base64 encode sebelum dapat ditransmisikan dalam-band. Oleh karena itu jumlah yang signifikan data biner (misalnya, transfer file ) yang terbaik ditularkan out-of-band, menggunakan-band pesan dalam mengkoordinasikan. Contoh terbaik dari hal ini adalah Jingle XMPP Perpanjangan Protokol , XEP-0166 .


sumber : http://blog.ub.ac.id/teknikinformatika07/2010/12/16/extensible-messaging-and-presence-protocol-xmpp/

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best Web Hosting Coupons