Sabtu, 24 Maret 2012

Pengertian teknologi wimax

WiMAX adalah singkatan dari Worldwide Interoperability for Microwave Access. adalah standar nirkabel metropolitan yang diciptakan oleh Intel dan Alvarion perusahaan pada tahun 2002 dan diratifikasi oleh IEEE (Institute of Electrical dan Electronics Engineers) dengan nama IEEE-802.16. Lebih tepatnya,WiMAX adalah sebutan komersial yang WiMAX Forum memberikan ke perangkat yang sesuai dengan IEEE 802.16 standar, untuk memastikan tingkat tinggi interoperabilitas antara mereka.

Fungsi  WiMAX

Tujuan dari WiMAX adalah untuk memberikan kecepatan tinggi akses internet cakupan jangkauan beberapa radius kilometer. Secara teori, WiMAX menyediakan untuk kecepatan sekitar 70 Mbps dengan jangkauan 50 kilometer. Standar WiMAX memiliki keuntungan yang memungkinkan koneksi nirkabel antara base transceiver station (BTS) dan ribuan pelanggan tanpa penghalang atau berhadapan langsung (LOS) dengan stasiun. Teknologi ini disebut NLOS untuk non-line-of-sight.Pada kenyataannya, WiMAX hanya dapat melewati penghalang kecil seperti pohon atau sebuah rumah dan tidak bisa menyeberang bukit atau bangunan besar. Ketika ada penghalang, throughput yang sebenarnya mungkin di bawah 20 Mbps.

Cara kerja WiMAX

Teknologi utama WiMAX adalah base transceiver station , antena sentral yang berkomunikasi dengan antena pelanggan ‘ . Istilah link point-multipoint digunakan untuk metode WiMAX komunikasi.

Jenis – jenis WIMAX

  • Fixed WiMAX , juga disebut IEEE 802.16-2004 , menyediakan untuk koneksi fixed-line dengan antena yang dipasang di atap, seperti antena TV. Fixed WiMAX beroperasi di 2,5 GHz dan 3,5 GHz frekuensi band, yang memerlukan lisensi, serta bebas lisensi 5,8 GHz band.
  • Mobile WiMAX , juga disebut IEEE 802.16e , memungkinkan mesin klien mobile untuk terhubung ke Internet. Mobile WiMAX membuka pintu untuk penggunaan ponsel over IP, dan bahkan kecepatan tinggi layanan mobile.
StandarFrekuensiSpeedJarak
Fixed WiMAX (802.16-2004)
2-11 GHz (3.5 GHz in Europe)
75 Mbps
10 km
Mobile WiMAX (802.16e)2-6 GHz30 Mbps3,5 km

Aplikasi WiMAX

Salah satu potensi menggunakan WiMAX adalah untuk menutupi apa yang disebut "last mile" (atau "kilometer terakhir) daerah, yang berarti memberikan kecepatan tinggi akses Internet ke daerah-daerah yang technolgies kabel normal tidak menutup (seperti DSL, kabel, atau T1 berdedikasi baris).
Pengertian teknologi wimax
Kemungkinan lain melibatkan menggunakan WiMAX sebagai backhaul antara dua jaringan nirkabel lokal, seperti mereka yang menggunakan WiFi standar. WiMAX akhirnya akan memungkinkan dua hotspot berbeda untuk dihubungkan untuk membuat jaringan mesh.

WiMAX dan Kualitas Layanan

Standar WiMAX native mendukung Quality of Service (sering disebut QoS), kemampuan untuk memastikan bahwa layanan bekerja ketika digunakan. Dalam prakteknya, WiMAX memungkinkan bandwidth yang disediakan untuk tujuan tertentu. Beberapa aplikasi tidak dapat bekerja dengan baik ketika kemacetan terjadi. Ini adalah kasus dari Voice Over IP ( VOIP ), sebagai komunikasi lisan tidak efektif ketika kesenjangan panjang kedua diperkenalkan.

WiMAX Standar

StandardFrequencyStatusRange
IEEE std 802.16Mendefinisikan jaringan nirkabel area metropolitan (WMANs) pada pita frekuensi yang lebih tinggi dari 10 GHz.October 2002Obsolete
IEEE std 802.16aMendefinisikan jaringan nirkabel area metropolitan pada pita frekuensi 2-11 inklusif GHz.October 9, 2003Obsolete
IEEE 802.16bMendefinisikan jaringan nirkabel area metropolitan pada pita frekuensi dari 10 sampai 60 inklusif GHz.Merged with 802.16a (Obsolete)
IEEE std 802.16cMendefinisikan pilihan (profil) untuk nirkabel jaringan area metropolitan di pita frekuensi tidak berlisensi.July 2003
IEEE 802.16d (IEEE std 802.16-2004)Revisi menggabungkan 802.16, 802.16a, dan 802.16c standar.October 1st, 2004Active
IEEE std 802.16eMemungkinkan nirkabel jaringan area metropolitan untuk digunakan oleh klien mobile.not ratified
IEEE std 802.16fMemungkinkan jaringan wireless mesh yang akan digunakan.not ratified


sumber : http://chapila.com/internet/pengertian-teknologi-wimax.html#ixzz1w3PJcvpS

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best Web Hosting Coupons