Jumat, 23 Maret 2012

Sejarah E-mail Pertama


E-mail sudah bukan barang aneh di jaman modern ini. Bahkan kata ini sekali pun sudah ada padanan katanya dalam bahasa Indonesia menjadi pos elektronik atau surat elektronik, tapi tetap digunakan kata aslinya.
E-mail berkembang seiring perkembangan internet. Teknologi inilah yang membuat kantor pos kekurangan order. Dan orang yang bertanggung jawab atas semua itu adalah Ray Tomlinson.

Tahun 1971 adalah tahun bersejarah dalam perkembangan dunia internet, karena pada tahun itu e-mail pertama dikirim. Uniknya pengiriman e-mail pertama itu dilakukan oleh dua komputer yang berdampingan.Samuel B Morse mengetikkan kata ‘Sesungguhnya hebat apa yang telah Tuhan tulis!’ pada Mei 1844 saat menciptakan mesin telegraf.
Sementara Alexander Graham Bell sebagai sang pionir telepon memiliki pesan yang sangat legendaris pada Maret 1876 yaitu, ‘Tuan Watson, kemarilah. Saya ada perlu dengan Anda!’ pada asistennya. Lalu apa yang dikirimkan Ray Tomlinson pada e-mail pertamanya?
Kata pertama yang tertulis dalam e-mail pertama itu adalah ‘QWERTYUIOP’ yang tidak lain adalah baris pertama tuts alfabet pada papan ketik. Namun, sebenarnya Tomlinson sendiri tidak terlalu ingat apakah itu benar kata pertamanya atau bukan.
Penggunaan tanda @ tidak melalui proses panjang, melainkan hanya pemikiran sekira setengah menit. @ sendiri dibaca ‘at’ yang merupakan preposisi dalam bahasa Inggris untuk menunjukkan tempat (terkadang waktu juga).

Profil Ray Tomlinson
Tomlinson lahir di Amsterdam, New York, tapi kemudian keluarganya pindah ke sebuah desa kecil bernama Vail Mils. Dia bersekolah di Rensselaer Polytechnic Institute di Troy, New York. Dia berpartisipasi dalam program co-op dengan IBM. Pada 1963 dia lulus dari institut tersebut dengan gelar sarjana dalam bidang teknik listrik.
Setelah lulus, dia melanjutkan pendidikan ke Massachusetts Institute of Technology. Di sana dia mengembangkan synthesizer analog-digital hibrida untuk penelitian tesisnya. Kemudian pada 1965 dia lulus dengan gelar master teknik elektro.
Tahun 1967 dia bergabung dengan perusahaan teknologi Bolt, Beranek dan Newman yang sekarang bernama BBN Technologies. Di sini dia membantu mengembangkan sistem operasi TENEX untuk ARPANET. ARPANET adalah sebuah divisi pengembangan internet dari departemen pertahanan Amerika Serikat.
Di sinilah dia menulis program untuk mentransfer file yang diberi nama CPYNET. Kemudian, dia juga diminta membuat program SNDMSG (send message). Terpikir olehnya untuk menggabungkan dua program tersebut dan hasilnya e-mail pertama.
Lucunya, sewaktu dia menunjukkan e-mail pertama itu pada rekan kerjanya, justru ia disuruh menyembunyikannya, “Ini bukan yang seharusnya kita kerjakan!” ujar Jerry Burchfiel, rekan sekerjanya itu. Tapi apa daya, teknologi ini merupakan teknologi pengiriman pesan paling murah saat ini. Jutaan orang mengirimkan e-mail setiap harinya.
Walaupun berpredikat sebagai penemu e-mail, tapi namanya tidak sepopuler Morse atau Bell. Mungkin karena teknologi internet berkembang sangat cepat sehingga yang lama mudah terlupakan.
Tapi hasil kerjanya juga mendapatkan penghargaan dari berbagai pihak seperti George R. Stibitz Computer Pioneer Award dari American Computer Museum pada tahun 2000, Webby Award dari International Academy of Digital Arts and Sciences untuk kategori Pencapaian Seumur hidup.
Tahun 2001 dia dilantik sebagai Rensselaer Alumni Hall of Fame. Kemudian, pada 2002 Majalah Discover memberikannya penghargaan innovation Award. Pada 2004 dia menerima IEEE Internet Award bersama Dave Crocker. Dan pada 2009 dia bersama Martin Cooper menerima Prince of Asturias award untuk kategori Penelitian sains dan teknologi.


sumber : http://www.anneahira.com/sejarah-email.htm

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best Web Hosting Coupons