Sabtu, 26 Mei 2012

Memahami Jenis Wireless dari Alfabet A B, G, atau N


Saat Anda mengkonfigurasi jaringan nirkabel, Anda memiliki berbagai pilihan teknologi nirkabel atau jaringan wireless standar yang ingin Anda gunakan. Setiap standar nirkabel memiliki berbagai karakteristik, seperti kecepatan dan jangkauan. Cara kerja teknologi ini diatur oleh Institute of Electrical and Electronics Engineers (IEEE), dan nama kode untuk standar jaringan nirkabel adalah 802.11. Standar ini pada dasarnya merupakan dokumen tertulis IEEE yang menggambarkan bagaimana perangkat nirkabel tersebut harus beroperasi. Dokumen-dokumen ini membantu produsen mengembangkan produk nirkabel yang akan bekerja dengan produk dari produsen lain.
Karena jaringan nirkabel telah berkembang terus, maka IEEE telah mempunyai beberapa standar nirkabel yang berbeda.
Memahami alfabet jaringan wireless
Dari awal hingga saat ini masih berkembang, di sini adalah standar nirkabel yang telah diciptakan oleh IEEE untuk industri jaringan wireless saat ini:
  1. 802.11a: Ini adalah standar yang sedikit digunakan, terutama di pasar konsumen, namun beberapa komputer dibundel dengan dual-band wireless (802.11a/g). Meskipun standar ini lebih tua dari 802.11b (akan dijelaskan selanjutnya), ia memiliki (atau lebih baik) atau sama dengan kecepatan maksimum 802.11g, yang kemudian menjadi standar. 802.11a adalah standar satu-satunya yang menggunakan rentang frekuensi yang berbeda (5 GHz, bukan 2,4 GHz), jadi menggunakan standar ini berarti bahwa Anda tidak mungkin memiliki masalah dengan gangguan dari jaringan lain yang hampir sama populer atau lebih. Namun, karena frekuensi tinggi, sinyal-sinyal dari produk 802.11a umumnya tidak sejauh yang dijangkau oleh sinyal dari perangkat yang menggunakan standar lain.
  2. 802.11b: Ini adalah standar jaringan nirkabel pertama yang banyak digunakan di rumah-rumah dan bisnis. Standar ini sekarang telah digantikan oleh 802.11g. Jika Anda membeli komputer dengan terintegrasi (built-in) nirkabel atau membeli produk nirkabel sebelum semester pertama tahun 2003, komputer tersebut mungkin menggunakan komponen wireless 802.11b.
  3. 802.11g: Ini adalah standar yang paling banyak digunakan saat ini. Ini mirip dengan 802.11b tetapi merupakan versi perbaikan dengan kecepatan yang jauh lebih besar yaitu sampai dengan 54 Mbps. Produk standar 802.11g kompatibel dengan 802.11b, sehingga Anda dapat mencampur dua perangkat dalam jaringan nirkabel yang sama. Standar 802.11a sebelumnya, tidak kompatibel dengan kedua standar ini dan bahkan tidak menggunakan frekuensi yang sama. Jika Anda membeli komputer dengan produk nirkabel terintegrasi atau beli setelah semester pertama tahun 2003, komponen nirkabel yang cenderung digunakan adalah standar 802.11g.
  4. 802.11n: Sebuah standar berkembang yang kompatibel dengan 802.11b dan produk g. Ketika standar ini selesai, Anda mungkin bisa mendapatkan tarif data sampai 540 Mbps, yang sepuluh kali lebih cepat dari standar yang ada. Selain itu, produk ini akan memiliki jangkauan lebih lama dengan menggunakan teknologi smart-antena yang kuat, disebut Multiple Input Multiple Output (MIMO), yang sudah tersedia di beberapa produk-produk jaringan nirkabel. Anda sudah dapat membeli produk berbasis teknologi ini yang disebut sebagai pra-n atau produk 802.11n. Namun kedua router nirkabel Anda dan komputer Anda harus 802.11n untuk kompatibel dengan semua fasilitasnya.

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best Web Hosting Coupons